Tuesday, April 28, 2009

SLumdog Millionaire



Film memang sangat menarik untuk dinikmati disaat waktu luang ataupun sendiri. Hampir sebagian besar berasal dari HollyWood. Namun kali ini Film India benar Film ini menceritakan kisah nyata perjuangan seorang anak kecil yang miskin yang berhasil memenangkan sebuah kontes seperti layaknya How to Be A Millionaire yang Sangat gemari dan ditonton masyarakat India. Pemuda yatim piatu yang bernama Jamal Malik alias Patel yang tinggal di pinggiran kota Bombay ini mendapatkan pengalaman terbaik seumur hidupnya menjadi seorang pemenang kontes berhadiah 20 juta rupee (uang India). Tetapi karena Jamal Malik adalah seorang yang miskin tinggal di daerah kumuh, maka polisi berusaha menahannya karena dicurigai apa yang dilakukannya dalam kuis tersebut adalah curang adanya.
-benar tidak mau kalah.Film berlatar belakang perkampungan kumuh India, SLUMDOG MILLIONAIRE menunjukkan karyanya. Film besutan sutradara Danny Boyle dan Loveleen Tandan (sutradara India) ini di awal perhelatan meraih dua penghargaan Oscar sejak ajang ini digelar LA. Hebat ya!!


Kisah nyata yang berplot di India ini mengisahkan bagaimana Patel belajar yang akhirnya dipakai di dalam menjawab berbagai pertanyaan kuis yang kelihatannya begitu mustahil bisa dilakukan. Beberapa adegan film Slumdog Millionaire juga dilatarbelakangi dengan bumbu-bumbu asmara dan juga kekerasan dari balik kota Mumbai yang keras. Dari sinopsis yang diceritakan ini mungkin anda akan menangkap satu kisah yang cukup mengharukan, tapi saya kira ini justru akan menambah motivasi kepada kita bagaimana perjuangan seorang yang disebut “Slumdog” dapat menjadi seorang jutawan melalui perjuangan panjang.
Tentu sang penulis skenario, Simon Beaufoy patut diacungi jempol karena mampu memvisualisasikan novel karya diplomat India, Vikas Swarup berjudul Q & A dengan penggambaran nyata kehidupan kampung kumuh India.
Film Slumdog Millionaire mendapatkan berbagai penghargaan di kancah perfilman internasional. Bahkan di akhir pekan ini, film ini sukses menggondol 7 kemenangan di kancah British Academy Film Awards (BAFTA’s). Untuk penghargaan bergengsi Oscar sendiri, film ini konon dinomisasikan 10 piala dalam berbagai kategori. 42 kemenangan lainnya sudah didapat dari Slumdog Millionaire.
Dibintangi aktor muda Dev Patel dan Freida Pinto yang memerankan Latika.

1 comment: